IKUTI
Promo Saat Ini
  • 4 bulan yang lalu / Booking sekarang untuk Joining Tour 2019 TRISC
  • 8 bulan yang lalu / Kini tersedia special promo Joining Tour 2019, ayoo segera ikuti tournya bersama kami…!!!
Hari Raya Nyepi 2019

Hari Raya Nyepi 2019

Oleh : Triss Travel - Kategori : Hari Raya Hindu
17
Feb 2019

Salah satu hari libur nasional terunik di Indonesia adalah Tahun Baru Hindu. Tahun Baru Hindu juga dikenal dengan nama Hari Raya Nyepi. Hari Raya Nyepi merupakan hari yang penuh dengan kesunyian, dan refleksi diri. Dirayakan pada hari pertama yang dihitung berdasarkan Kalendar Saka. Perayaan Hari Raya Nyepi di Bali dapat berlangsung selama beberapa hari.

Terdapat beberapa ritual yang dilakukan oleh para penganut agama Hindu di Bali untuk merayakan kedatangan Tahun Baru Hindu. Tiga hari sebelum hari Raya Nyepi, dilakukan Ritual Melasti. Ritual ini biasanya dilakukan di sebuah sumber air yang dekat dengan Pura, tempat ibadah agama Hindu.  Sumber air yang digunakan dari air laut dipercaya mampu mensucikan semua benda atau kotoran alam semesta lainnya.

Hari Raya Nyepi 2019


Malam Perayaan Tahun Baru Hindu

Pada malam perayaan tahun baru Hindu di Bali, ritual Bhuta Yudna dilakukan oleh setiap komunitas Hindu. Ritual ini dilakukan untuk menghapus dan mengusir efek negatif dari iblis dari Pulau Bali dan penduduknya. Menurut kepercayaan agama Hindu, tanggung jawab untuk memelihara keseimbangan atau harmoni antara Tuhan, bumi,dan manusia berada di tangan manusianya.

Dalam melaksanakan ritual ini, orang-orang Hindu Bali membuat sebuah patung besar yang berasal dari bamboo dan kertas. Patung ini merupakan representasi dari Iblis dan semua makhluk jahat. Patung-patung ini dikenal dengan nama “Ogoh-Ogoh”. Banyak patung Ogoh-Ogoh ini ditemui dalam bentuk parade dan dibuat oleh para kaum muda dari desa-desa di Bali. Sedangkan, Ogoh-Ogoh yang paling bagus biasanya dibuat oleh para seniman Bali.

Setelah Ogoh-Ogoh dibuat, kemudian dibawa kesebuah parade yang dilakukan di jalan besar sehingga dapat dilihat oleh banyak orang. Masyarakat Hindu Bali percaya bahwa Ogoh-Ogoh akan menyerap semua energy negatif dari para penjaga roh iblis maupun pengawasnya. Setelah parade selesai dilakukan, Ogoh-Ogoh kemudian dibakar di atas api unggun di sebuah area terbuka. Sebagai tambahan untuk ritual pengusiran iblis dan pensucian masyarakat Bali dari gangguan iblis, maka api unggun juga dipercaya sebagai cara untuk menyenangkan Batara Kala, dewa penjaga neraka.

0 Komentar

Perusahaan

TRISC - Share Your Happiness With Us

TDUP 01/01/76/BPPTSP&PM/2016
SITU 11/490/2474/DT/BPTTSP & TN/2016
NPWP 02.798.211.5/903.000
JL. Hyang Sangsi Banjar Tubuh Batubulan - 80237

6287862420798

Berita Terbaru

Wisata Yang wajib dikunjungi di Bali
Pos : 21 September 2019
Wisata Bali Yang Mendunia
Pos : 21 September 2019